Sabtu, 16 Maret 2013

Lihat Karya Islami Di Museum Terpopuler Di Dunia



Museum Louvre, Paris
Museum Louvre, Paris

Museum dengan pengunjung terbanyak di dunia, Museum Louvre, sejak akhir 2012 membuka sayap baru. Di bagian terbaru ini, ditampilkan koleksi sejarah Islam.

Louvre memiliki sejarah panjang dalam mengumpulkan benda-benda seni yang berasal dari dunia Islam. Pameran seni Islam pertama di Paris diselenggarakan pada 1893, dan mulai 2003 didirikan departemen seni khusus Islam. Sekarang, museum ini memiliki 3.000 karya yang dipamerkan di sayap terbarunya.

Bangunan sayap ini terletak di halaman Museum Cour Visconti, di antara dinding istana megah yang berasal dari abad ke-18. Arsitek Mario Bellini dan rudy Ricciotti menciptakan struktur yang sangat modern. Meskipun tampak sangat mencolok, itulah yang menjadi daya tarik museum.

Tersebar di dua lantai gedung baru, tersimpan di dalamnya karya-karya yang berasal dari abad ke-7 hingga 18 yang mencakup tiga benua, yaitu Eropa, Asia, dan Afrika. Pengunjung disuguhkan perjalanan sejarah dan geografis dunia Islam melalui artefak, mosaik, dan patung.

Bangunan inipun dilengkapi panel informasi dan multimedia. Salah satu koleksi terbaiknya adalah 200 karpet, pameran arsitektur, dan ubin panjang yang menghiasi dinding sepanjang 12 meter. Ubin tersebut berasal dari abad ke 16 dan abad ke-19.

Follow On Twitter

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.