Minggu, 24 Maret 2013

Profil Gideon Sunback | Orang Dibalik Logo Doodle Hari Ini



Profil Gideon Sunback | Orang Dibalik Logo Doodle Hari Ini [ www.BlogApaAja.com ]

Jika kamulihat logo doodle hari ini berbentuk seperti risleting, yang jika ditarik ke bawah akan membawakamu ke pencarian Gideon Sundback, siapakah Gideon Sunback itu ?? mari kitabahas disini.



Gideon Sundback (April 24, 1880 - 21 Juni1954) adalah seorang insinyur Swedia-Amerika listrik. Gideon Sundback palingsering dikaitkan dengan pekerjaannya dalam pengembangan ritsleting.

Latar belakang

Otto Fredrik Gideon Sundback lahir dipeternakan Sonarp di =C3=96destugu Parish, di J=C3=B6nk=C3=B6ping County, Sm=C3=A5land, Swedia. Diaadalah anak dari Jonas Otto Magnusson Sundback, seorang petani makmur, danistrinya Kristina Karolina Klasdotter. Setelah studi di Swedia, Sundback pindahke Jerman dimana ia belajar di sekolah politeknik di Bingen am Rhein. Padatahun 1903, Sundback mengambil ujian insinyur nya. Pada tahun 1905, ia pindahke Amerika Serikat.

Profil Gideon Sunback | Orang Dibalik Logo Doodle Hari Ini [ www.BlogApaAja.com ]

Karir

Pada tahun 1905, Gideon Sundback mulai bekerjadi Westinghouse Electric dan Manufacturing Company di Pittsburgh, Pennsylvania.Pada tahun 1906, Sundback dipekerjakan untuk bekerja untuk Universal FastenerCompany di Hoboken, New Jersey. Pada tahun 1909, Sundback menikah ElviraAronson yang adalah putri dari manajer pabrik Swedia lahir, Petrus Aronsson.Selanjutnya Sundback dipromosikan ke posisi kepala desainer di UniversalFastener.

Sundback membuat beberapa kemajuan dalampengembangan ritsleting antara 1906 dan 1914, ketika bekerja untuk perusahaanyang kemudian berkembang menjadi Talon, Inc Ia dibangun di atas pekerjaansebelumnya insinyur lainnya seperti Elias Howe, Max Wolff, dan Whitcomb Judson.Dia bertanggung jawab untuk meningkatkan "Judson C-curity Fastener".Saat itu produk perusahaan masih berdasarkan kait dan mata. Sundbackmengembangkan versi perbaikan dari curity C-, yang disebut "Plako",tapi juga memiliki kecenderungan kuat untuk menarik terpisah, dan tidak lebihberhasil daripada versi sebelumnya. Sundback akhirnya memecahkan masalahmenarik-selain pada tahun 1913, dengan penemuan dari versi pertama tidakdidasarkan pada prinsip hook-dan-mata, "Fastener No Hookless 1". Iameningkatkan jumlah elemen pengancing dari empat per inci sampai sepuluh atausebelas. Penemuan-Nya memiliki dua baris menghadapi gigi yang ditarik ke dalamsatu bagian dengan slider, dan meningkatkan pembuka untuk gigi dipandu olehslider.

Pada tahun 1914 Sundback mengembangkan sebuahversi berdasarkan saling gigi, yang "No Hookless 2", yang merupakanlogam ritsleting modern dalam semua penting nya. Dalam pengikat gigi ini setiapmeninju memiliki lesung pipi di bagian bawah dan proyeksi pena atau kerucut diatasnya. Ujung atas satu gigi bergerak dalam lesung yang cocok di bawah gigi yangmengikutinya di sisi lain sebagai dua strip dari gigi dibawa bersama-samamelalui dua saluran Y dari slider. Gigi yang berkerut erat tali kain kuat bahwaadalah tepi tepi tenunan yg dianyam dari pita kain yang melekat ritsletinguntuk baju itu, dengan gigi di satu sisi diimbangi dengan setengah tinggi gigidari mereka dalam rekaman lain pihak. Mereka diadakan begitu erat pada kabeldan tape yang dulu menyatu ada tidak cukup bermain untuk membiarkan merekamemisahkan. Gigi tidak dapat bangkit dari pena di bawah ini cukup untukmembebaskan diri, dan pena-nya di atas tidak dapat keluar dari lesung pipit digigi atasnya. Amerika Serikat paten no. 1219881 untuk "FastenerSeparable" dikeluarkan pada tahun 1917.

Ritsleting nama diciptakan pada tahun 1923oleh BF Goodrich yang digunakan perangkat pada sepatu baru mereka. Awalnya,sepatu dan kantong tembakau penggunaan utama untuk ritsleting, itu mengambildua puluh tahun sebelum mereka tertangkap di industri fashion. Tentang waktuPerang Dunia II ritsleting mencapai penerimaan luas untuk lalat celana panjangdan plackets rok dan gaun.

[Sunting] Kewarganegaraan dan kematian

Sundback juga menciptakan mesin produksi untukritsleting baru. Petir Fastener Company, salah satu produsen ritsleting awal,bermarkas di St, Ontario. Meskipun Sundback sering mengunjungi pabrik Kanadasebagai presiden perusahaan, ia tinggal di Meadville, Pennsylvania dan tetapmenjadi warga negara Amerika. Sundback dianugerahi Medali Emas dari RoyalSwedish Academy of Engineering Sciences di 1951. Sundback meninggal karenakondisi jantung pada tahun 1954 dan dikebumikan di pemakaman Greendale diMeadville, Pennsylvania. Pada tahun 2006, Gideon Sundback dihormati olehinklusi di Penemu Nasional Hall of Fame untuk karyanya pada pengembangan ritsleting


Follow On Twitter

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.