Rabu, 12 Juni 2013

Memijat Gigi Lebih Ampuh Cegah Gigi Berlubang



Memijat Gigi Lebih Ampuh Cegah Gigi Berlubang [ www.BlogApaAja.com ]

Menyikat gigi setelah makan adalah pedomanstandar agar terhindar dari gigi berlubang. Namun ada metode baru yang disebut-sebutlebih ampuh melindungi gigi dibandingkan menyikat gigi dengan pasta gigiberfluoride. Yaitu, memijat-mijat gigi dengan pasta gigi berfluoride.



"Memijat-mijat gigi dengan pasta gigiberfluoride meningkatkan perlindungan gigi dari kerusakan sebanyak 400%,"kata Anna Nordstr=C3=B6m, PhD, dokter gigi dan peneliti di Akademi Sahlgrenska diUnivesity of Gothenburg, Swedia sepeti dilansir Science Daily.

8 tahun yang lalu, sebuah merek baru pastagigi diluncurkan di Swedia dan mengklaim mengandung fluoride 3 kali lebihbanyak dibanding pasta gigi biasa. Produk tersebut tersedia tanpa resep dokterdan ditujukan untuk orang yang berisiko tinggi terkena gigi berlubang.

Para peneliti di Akademi SahlgrenskaUniversity of Gothenburg kemudian melakukan evaluasi ilmiah dari pasta gigidengan kandungan fluoride yang tinggi ini. Uniknya, penelitian ini justrumenemukan metode baru yang dapat meningkatkan perlindungan gigi sebanyak 4 kalilipat lebih tinggi dibanding metode menyikat gigi biasa.

Dalam penelitian yang hasilnya dimuat jurnalActa Odontologica Scandinavia ini, 16 relawan diminta melakukan berbagai teknikmenyikat gigi, baik menggunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride yangtinggi atau pasta gigi dengan kandungan fluoride yang standar. Para pesertajuga diminta menyikat gigi 2 atau 3 kali sehari.

"Penelitian ini menemukan bahwa orangyang menggunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride yang tinggi 3 kali seharilebih terlindungi 4 kali lipat dibandingkan orang yang menggunakan pasta gigibiasa 2 kali sehari," kata Nordstr=C3=B6m.

Penelitian ini juga menguji metode baru yangdikembangkan oleh profesor Dowen Birkhed, yaitu menggosok dan memijat-mijatgigi dengan pasta gigi menggunakan jari. Metode pijat ini terbukti samaefektifnya dengan menyikat gigi 3 kali sehari untuk meningkatkan jumlahfluoride yang melapisi gigi.

"Memijat bagian depan gigi dengan pastagigi bisa menjadi cara yang mudah untuk memperkuat perlindungan fluoride padasiang hari setelah makan siang. Tapi tetap tidak boleh mengganti kebiasaanmenyikat dengan pasta gigi berfluoride saat pagi dan sore hari. Metode memijatgigi ini hanya tambahan," kata Nordstr=C3=B6m.

Menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoridesangat penting untuk mencegah dan mengatasai kerusakan gigi. Berbagai buktiilmiah yang ada sudah menjelaskan bahwa menggunakan pasta gigi berfluoridesetiap hari memiliki efek perlindungan yang nyata. Kandungan fluoride dalampasta gigi efektif menutup kerusakan-kerusakan pada lapisan terluar gigi yangrentan memicu gigi berlubang.


Follow On Twitter

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.