Sabtu, 22 Juni 2013

Mudik, Regangkan Otot 2 Jam Sekali



Tradisi mudik selalu mengiringi perayaan Idul Fitri di Tanah Air. Jika anda ingin pulang kampung, lakukan persiapan agar perjalanan nyaman. Agar mudik bisa berjalan lancar dan terbebas dari gangguan kesehatan, lakukanlah peregangan dan istirahat setiap 2 jam sekali.

Mudik, Regangkan Otot 2 Jam Sekali [ www.BlogApaAja.com ]

Demikian disampaikan spesialis kesehatan olahraga dr Michael Triangto SpKO, kemarin. Untuk menghindari gangguan otot yang tidak diinginkan selama perjalanan atau saat sampai di tempat tujuan, Michael menyarankan pemudik untuk melakukan peregangan. Beberapa bagian yang harus diperhatikan ialah mata, leher, tengkuk, bahu, lengan bawah, punggung, pinggang, dan kaki.

"Terutama bagi pemudik sekaligus pengendara motor atau mobil, penting sekali untuk mengistirahatkan mata. Dengan cara melihat pemandangan yang jauh dan lakukan gerakan mata ke arah kanan, kiri, atas, bawah, untuk mencegah pandangan jadi kabur karena kantuk atau kelelahan," ujar Michael.

Aktivitas peregangan itu dapat dilakukan di tempat peristirahatan (rest area) atau pada saat di lampu merah selama 10 - 15 menit. "Lakukanlah pemutaran ke segala arah pada bagian - bagian tubuh sehingga aliran darah kita menjadi lancar dan gangguan otot dapat terhindari," ujarnya.

Untuk menghalau kantuk, banyak pemudik yang akhirnya memilih untuk mengkonsumsi minuman berenergi (energy drink). Hal itu boleh saja, tetapi jangan berlebihan. "Cukup satu saja, lebih dari itu tidak dianjurkan. Kafein yang diminum terlalu banyak justru membuat konsumen merasa sangat mengantuk dan keadaan ini sangat berbahaya bagi para pemudik sekaligus pengendara mobil atau motor."

Agar perjalanan berjalan lancar, lanjut Michael, sempatkanlah waktu untuk tidur di tempat yang nyaman dari lalu lintas dan keamanannya terjaga. Saat tidur di dalam mobil, harus dipastikan AC dalam keadaan tidak menyala. AC yang menyala beresiko meningkatkan konsentrasi karbondioksida dan penurunan konsentrasi oksigen di dalam mobil.

"Jadi, sebaiknya tidur di tempat yang nyaman dengan posisi jendela mobil dibuka sedikit sehingga ada sirkulasi udara yang baik," pungkasnya. Oke, Selamat mudik ya.. Hati - hati di jalan, tidak perlu tergesa - gesa. Utamakan keselamatan, ingat keluarga menanti di rumah.

Follow On Twitter

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.